10 Penyebab terjadinya hidrosefalus yang tidak anda ketahui

10 Penyebab Terjadinya Hidrosefalus

10 Penyebab Terjadinya Hidrosefalus,- Hidrosefalus tentu sudah tidak asing di telinga kita semua terutama bagi kalangan ibu-ibu. Hal itu dikarenakan penyakit ini banyak yang menyerang balita dan bayi. Namun, pada beberapa kasus yang jarang terjadi banyak juga kalangan usia rentan mengalami penyakit hidrosefalus.

Hidrosefalus sendiri merupakan penumpukan cairan pada rongga otak atau ventrikel. yang mengakibatkan ventrikel-ventrikel di dalamnya membesar dan menekan organ tersebut. Cairan ini akan terus bertambah sehingga terjadinya pembengkakan dan membesar di otak. Jika tidak segera ditangani hidrosefalus dapat memberikan tekanan sehingga merusak jaringan dan melemahkan fungsi otak.

Untuk itu banyak para dokter dan pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya hidrosefalus, untuk itu inilah 10 faktor penyebab terjadinya hidrosefalus yaitu :

  • Gangguan Aliran Cairan Otak.

Penyebab pertama balita terkena hidrosefalus adalah adanya gangguan aliran yang ada di otak. Saat terganggu aliran cairannya akibatnya cairan otak akan berkumpul di otak dan menyebabkan hidrosefalus. Penyebab hidrosefalus yang satu ini tidak hanya menyerang bayi dan balita tetapi menyerang orang dewasa juga.

  • Cacat Bawaan.

Bagi ibu yang sedang hamil penting baginya untuk mencukupi kebutuhan asam folat yang berguna untuk menjaga tumbuh dan kembang janin yang ada di dalam kandungan. Jika kebutuhan akan asam folat tidak tercukupi dengan baik akibatnya organ bayi terutama otak tidak bisa berkembang dengan sempurna sehingga bayi bisa menderita cacat bawaan sejak lahir.

  • Pendarahan Otak.

Penyebab lain hidrosefalus yang menyerang otak adalah adanya pendarahan yang ada di dalam otak. Pendarahan yang ada di otak ini bisa dideteksi dengan CT Scan. Pendarahan yang ada di otak tersebut bisa menimbulkan aliran cairan otak menjadi terhambat sehingga di dalam otak bisa menyebabkan penumpukan cairan dan akhirnya mengalami hidrosefalus.

  • Produksi Cairan Otak Berlebihan.

Cairan otak atau Cerebrospinal Fluid jika diproduksi secara berlebihan bisa menyebabkan balita terkena hidrosefalus. Meski hal ini jarang terjadi namun produksi cairan otak yang berlebihan bisa menyebabkan balita atau bayi terkena hidrosefalus.

  • Adanya tumor otak.

adanya tumor di otak yang bisa menyebabkan aliran cairan di otak menjadi tersumbat. Tumor otak yang massanya semakin membesar bisa menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar atau tersumbat sehingga penumpukan cairan bisa terjadi di otak.

  • Pembengkakan.

Penyebab yang jarang terjadi namun bisa terjadi adalah pembengkakan di saluran cairan otak. Saat saluran cairan otak atau CSF mengalami pembengkakan akibatnya adalah cairan otak menjadi menumpuk.

  • Cedera Otak.

Benturan akibat terjatuh maupun kecelakaan yang terjadi di kepala bisa menyebabkan otak menjadi cedera. Cedera otak yang parah bisa menjadi penyebab seseorang mengalami hidrosefalus.

  • Radang Selaput Otak.

Meningitis atau radang selaput otak bisa menyebabkan seseorang terkena hidrosefalus. Hal itu dikarenakan selaput otak yang bermasalah bisa menyebabkan penumpukan cairan berlebihan sehingga kepala bisa membesar.

  • Stroke.

Salah satu komplikasi yang bisa disebabkan oleh penyakit stroke adalah penyakit hidrosefalus. Stroke bisa menyebabkan darah penderitanya menjadi kental sehingga aliran darah menjadi tidak lancar. Hal itu membuat cairan otak menjadi tidak lancar di dalam otak sehingga hidrosefalus bisa terjadi.

  • Kista Otak.

Kista otak ini bisa bertambah besar dan membuat tekanan di otak menjadi naik. Oleh sebab itu dibutuhkan pengangkatan kista di otak agar cairan di otak tidak menjadi menumpuk dan terhindar dari penyakit hidrosefalus.

Itulah beberapa penyebab yang dapat menimbulkan penyakit hidrosefalus. Untuk itu jagalah kesehatan otak supaya terhindar dari penyakit hidrosefalus.

Semoga informasi dari kami memberikan bermanfaat bagi kalian. Terima kasih

Post by Obat Hidrosefalus Tanpa Operasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *