Cara Membuat Makanan Yang Sehat Untuk Bayi

Cara Membuat Makanan Yang Sehat Untuk Bayi

Cara Membuat Makanan Yang Sehat Untuk Bayi – Cara membuat makanan sehat untuk bayi haruslah diketahui semua ibu yang menginginkan pertumbuhan buah hatinya bisa berjalan dengan optimal. Kita wajib mengerti, bahwa bayi mempunyai perut yang sensitive dan belum kuat. Untuk itu, Anda harus memahami benar, tipe makanan apa saja yang boleh masuk ke dalam pencernaannya atau tidak. Sebab, jika kita sampai salah memasukkan makanan ke perutnya, bisa berdampak serius dalam kesehatan dan kebugaran si bayi.

Cara membuat makanan sehat untuk bayi yang kita lakukan setiap hari harus mempertimbangkan beberapa hal, seperti kandungan gizi yang terdapat pada bahan makanan tertentu, usia si bayi, dan cara mengolah makanannya.

Biasanya, dibawah umur 0-6 bulan, bayi hanya boleh diberi makanan cair, yakni Air Susu Ibu (ASI), setelah memasukki umur 6-12 tahun, bayi baru dapat mulai mengonsumsi makanan lembut seperti pisang dan bubur. Seiring dengan bertambahnya usia, maka si bayi harus dibiasakan mengonsumsi makanan padat supaya dapat melatih pertumbuhan gigi dan pencernaannya.

Cara membuat makanan sehat yang paling penting adalah dengan selalu memperhatikan tingkat higienitas pada bahan makanan yang digunakan. Hal ini bertujuab untuk menghindari si buah hati untuk terserang penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang menempel pada makanan tersebut.

Beberapa resep makanan sehat untuk bayi diantaranya adalah:

  • Bubur pisang apel

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan 200 gram pisang ambon yang sudah direbus, 100 gram apel yang sudah dikupas kulitnya dan dipotong kecil-kecil, 5 sdm susu formula, dan 200 cc air ke dalam blender.

Setelah halus merata tuang bubur ke mangkuk ataupun gelas si kecil.

  • Wortel kukus

Wortel yang banyak mengandung vitamin C, A, dan beta karoten memang sangat dibutuhkan bayi. Caranya juga mudah, yaitu dengan memotong wortel seruas jari dan kukus sampai lunak sehingga mudah dikunyah si kecil.

  • Nasi tim

Caranya adalah dengan memasak 600 ml air putih bersama 2 sdm beras, daging dan hati ayam. Setelah itu aduk perlahan sampai mengental.

Kemudian masukkan 1 iris tomat segar dan 50 gram labu kuning yang sudah diparut. Barulah masukkan sedikit minyak, dan terus aduk hingga merata. Lalu angkat dan biarkan sampai dingin.

Itulah beberapa resep makanan yang dapat dijadikan sebagai makanan untuk sang buah hati Anda agar lebih mudah dalam mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalam perut si bayi.

Semoga informasi dari kami bermanfaat. Terima kasih

Post by Obat Hidrosefalus Tanpa Operasi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *